Kutukan Vokalis (lanjutan)

Sesuai janji saya kepadamu yang tak seperti janji-janji SBY, saya lanjutin lagi nih band-band yang kena “kutukan” dari suara khas si vokalis.

Harapan Jaya

Saat kali pertama muncul tahun 2000, Harapan Jaya langsung menarik perhatian lewat musik rock n roll dengan lirik ceria. Selain itu juga faktor gimmick lewat sosok Eddi Brokoli yang berambut kribo. Siapa lagi sih kribo yang populer di pentas musik setelah Ahmad Albar dan Ucok AKA ?.

Nama Harjay kemudian dikenal luas. Maaf, Eddi Brokoli lebih tepatnya. Eddi sempat jadi cameo di Ada Apa Dengan Cinta, lalu punya acara khusus di MTV Indonesia. Tapi dia lalu dipecat, kabarnya karena pada satu acara dia memakai kaos bertuliskan FUCK SHEILA ON 7.

Setelah merilis album kedua tahun 2002, situasi di Harjay mulai tidak kondusif. Eddi ketahuan berpacaran dengan Upit. Padahal sudah ada komitmen tidak ada hubungan asmara antar personel. Eddi akhirnya keluar. Kabarnya, Eddi juga dimusuhi oleh scene musik Kota Kembang karena sok ngartis, belagu. Legeg basa Sundanya.

Presiden Rock N Roll yang dirilis tahun 2004 menjadi album terakhir Harjay. Maskot hilang, ditambah lagi gitaris Ogi harus kuliah ke luar negeri. Harjay benar-benar bubar tahun 2006.

Jamrud

Jamrud adalah bagian dari imperium raja rock n roll Indonesia, Log Zhelebour. Masa-masa indah bagi band yang asal Cimahi bentukan tahun 1989 ini adalah medio 1995 hingga 2000. Dari album debut Nekad hingga Nigrat, semuanya laris manis. Bahkan album Ningrat dengan hit single seperti Ningrat, Surti Tejo dan Pelangi Di Matamu laku hingga 1 juta kopi. Vokal khas Krisyanto yang khas huruf vokal “u” menjadi “ou” dan vokal “i” menjadi “e”, adalah signature yang begitu kuat.

Dengan alasan jenuh, Krisyanto mengundurkan diri pada tahun 2007. Jelas ini seperti Abu Rizal Bakrie kehilangan asset-aset perusahaannya. Audisi digelar. Nama Jaja “Donal” Amdonal yang terpilih. Tapi Donal dirasa masih kurang. Direkrut juga Iwan Vox untuk mengisi bagian not-not tinggi serta jadi seksi teriak-teriak. Otomatis Jamrud punya dua vokalis untuk mengganti sosok seorang Krisyanto meski kemudian per April 2011 Iwan Vox mundur.

Pepatah tiada tempat seindah rumah menemukan kebenaran saat Krisyanto kembali bergabung per Oktober 2011. Krisyanto yang sempat merilis album Mimpi (2009) dan Lanjutkan Hidup (2010), juga sudah mengakhiri kontrak dengan manajemen sebelumnya.

Drive

Drive adalah sedikit dari band pop yang punya konsep musik jelas. Band pop yang menyajikan musik “ringan” namun berkelas. Setidaknya sebelum pihak label lebih memilih Bersama Bintang, yang jadi OST sinetron Candy. Kunciannya adalah vokal khas Erdian Anji yang sanggup meliuk ke nada-nada tinggi serta gimmick panggung yang atraktif.

Mei 2011, Anji memutuskan mundur. Sebagai penggantinya adalah Takaeda. Nama ini dipilih karena mampu menjalankan peran sebagai vokalis sekaligus komposer. Hal yang tidak bisa dilakukan Anji. Masih harus  ditunggu sejauh mana dia bisa jadi icon baru Drive.

Garasi

Dibanding band-band sebelumnya, apa yang dilakukan Garasi jauh lebih berat dan sulit. Band yang terbentuk lewat film berjudul sama besutan Agung Sentausa pada tahun 2006 ini harus merombak total sepeninggal vokalis Aiu Ratna pada awal tahun 2009.

Sosok Aiu sudah melekat bagi band yang formasi awalnya adalah Aiu Ratna (vokal), saya, eh maksud saya Fedi Nuril (gitar, synth) dan Aries Budiman (drum). Selepas Aiu, Garasi dengan berani mencari vokalis pengganti pria. Adalah Higin Ayuga, eks-vokalis band screamo Sukabumi bernama If I Die Tomorrow. Yah, sejauh ini penilaan saya not bad lah karena Garasi  juga merubah konsep musik mereka. Vokal Higin yang bisa bermain di range vokal pria dan wanita perlu terus dieksplor lebih lanjut.

12/5/2012 11:54

7 Comments

  1. ochaoch Reply

    Dulu aku sempet berpikir kamu kalau dilihat dari jauuuuh sekali perawakannya kaya Fedi Nuril jek, seko mburi lho ya. Tidak untuk muka tentunya. Hahahaha! Garasi yang baru terasa aneh :( yah walaupun Fedi Nurilnya tetep ganteng sih…

  2. rocky Reply

    lagi reti ceritane edy brokoli nganggo kaos kui, rung tau dilarung ning parangtritis ketoke

  3. rizky aldian Reply

    kalo jikustik gimana mas jaki? kayaknya abis di tinggal pongki belom kedegeran lagi

    1. Fakhri Zakaria Reply

      Iya Di Jikustik masuk juga. Pongky masalahnya juga jadi otak musikal. Kehilangan Pongky ibarat Juve dilucuti seluruh skandalnya dari jaman Mussolini :)) *Kidding, Di thanks udah mampir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>