Benih Unggul Bernama Lain Dunia

Album ini adalah benih unggul Padi untuk memasuki industri musik Indonesia.

Akhir dekade 90an adalah bulan madu untuk musik Indonesia, khususnya label Sony Music Indonesia. Saat itu Sony Music menjadi label tersukses dalam urusan melejitkan artis-artis baru. Dimulai dari /rif, kemudian dalam rentang waktu yang bersamaan Sheila On7, Padi dan Cokelat. Kredit khusus untuk Jan Djuhana.

Dari keempat band tadi, hanya /rif yang musiknya tidak saya ikuti secara intens. Baik Padi, Cokelat, terlebih lagi Sheila On 7, jadi salah satu definisi saya tentang apa itu musik pop yang bagus.

Khusus untuk Padi, bagi saya mereka adalah sedikit dari band baru pada saat itu yang sudah punya cetak biru musik mereka di album pertama. Ibarat tanaman, Lain Dunia yang jadi debut album mereka adalah benih unggul yang kualitas mutunya bisa terjaga sampai sekarang.Setidaknya sebelum mereka masuk masa hiatus.

Dalam album berisi sepuluh track ini, Padi berhasil mendefinsikan bagaimana pop rock seharusnya dimainkan. Bukan sekedar gedubrakan bunyi yang diisi lirik-lirik cengeng penuh desahan. Simak renyahnya Sobat dan Begitu Indah, megahnya Demi Cinta dan indahnya Mahadewi.  Padi berhasil membuat lagu ringan nan manis terdengar gagah sekaligus berwibawa dalam waktu bersamaan.

Selain itu, Padi juga berhasil mendistribusikan kemampuan musikal masing-masing personel. Drummer Surendro “Yoyo” Prasetyo dan bassis Rindra Risyanto Noor menunjukkan mereka bukan sekedar tukang jaga tempo. Duet gitaris Satrio “Piyu” Yudi Wahono dan Ari Tri Sosianto menurut saya adalah contoh baik bagaimana memaksimalkan fungsi dua gitaris. Seperti halnya Adhitya Ardhinugraha dan Arief Hamdani di Pure Saturday atau dalam skala yang lebih besar Slash dan Izzy Stradlin di Guns N’ Roses. Dan vokal malas ala Andi Fadly Arifuddin. Oke, Fadly bukanlah tipe vokalis yang mampu melakukan blocking panggung  sebaik Armand Maulana. Dia juga tidak bisa sekomunikatif David Bayu Danang Jaya dari Naif. Tapi untuk penjiwaan lagu, saya rasa Fadly yang terbaik.

Secara penjualan, Lain Dunia tentu tidak bisa disamakan dengan debut album selftitled milik Sheila On 7. Tapi yang jelas di album ini Padi berhasil menasbihkan diri sebagai salah satu band besar tanah air sebelum mantap menduduki singgasana lewat album Sesuatu Yang Tertunda yang dirilis dua tahun setelahnya.

7 Comments

  1. Pingback: 7 Lagu Terbaik Sheila On 7 | masjaki

  2. Pingback: 5 Album Kompilasi Penting di Industri Musik Indonesia - Masjaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>