Jangan Mau Dibohongi Pakai Album Religi

aid25p1

Di industri hiburan, agama tak lebih dari komoditas jualan. Salah satu contoh menarik adalah keberadaan album religi atau album rohani. Sebetulnya sih substansinya sama saja. Sama-sama menjual lirik soal hubungan manusia dengan penciptanya atau ajaran kitab suci. Tapi istilah album religi lebih condong ke lagu-lagu bernafaskan ajaran agama Islam seperti milik Bimbo dan Opick. Sedangkan album rohani kebanyakan merujuk ke lagu-lagu gospel atau pemujaan gerejawi dari rooster-rooster Maranatha Records.

Di era 70-an, istilah tadi lebur sama sekali. Tidak ada lagi pembedaan siapa yang membawakan lagu. Mau Islam atau Nasrani, yang penting laku di pasaran. Salah satu contoh yang menarik adalah Koes Bersaudara/Koes Plus. Mereka punya album religi/rohani lintas agama. Tahun 1968 dengan bendera Mesra, Tony Koeswoyo dan adik-adiknya, Yon, Yok, dan Nomo merilis album Djadikan Aku Domba-Mu. Album ini berisi delapan lagu, tapi hanya lagu “Djadikanlah Aku Domba-Mu” yang bernafaskan gerejawi. Liriknya singkat dan sederhana. Saya belum menemukan catatan pasti apakah perilisan album ini untuk menyambut perayaan natal.

Kurasakan kasih-Mu
Kumelihat sinar-Mmu
Namun aku terlalu picik
Mendengarkan perintah-Mu
Kuserahkan hidupku semuanya untuk-Mu
Hanya satu pintaku jadikan aku domba-Mu

Tahun 1974 saat Nomo keluar dan digantikan Murry, Koeswoyo bersaudara yang kemudian bertransformasi menjadi Koes Plus malah merilis album Koes Plus Qasidah Volume 1 keluaran Remaco. Lagu-lagunya antara lain “Nabi Terakhir”, “Ya Allah,”, dan “Zaman Wis Akhir”.
Grup rock yang dikenal dengan aksi panggung yang begajulan, AKA, bahkan tak mau ketinggalan merilis album religi bertajuk Qasidah Modern. Tentu sulit membayangkan saat Ucok Harahap yang di panggung bertingkah seperti orang kesurupan menyanyikan lagu-lagu seperti “Aku Umat Muhammad”, “Allah Maha Suci”, Insaflah”, sampai “Rukun Islam”. Tapi begitulah praktek di industri rekaman saat itu. Lupakan keyakinan, kejar penjualan.

Kalau kata seorang pendekar kungfu sih, “Jangan mau dibohongi pakai album religi/rohani”

3 Comments

  1. Titah AW Reply

    daftar musisi masa kini yang cocok diundang di acara buber anak indie:
    1. Haikal Azizi
    2. Monohero
    3. Nasida Ria
    4.

    hmm apa lagi y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>