Bung Terlihat Lelah (Sekali Lagi)

Yak ini dia sajian pertama saya di warung baru. Masih bersih warungnya, masih bau cat baru segala rupa.

Dulu saat masih SD, TVRI dan RCTI setiap siang dan malam rutin menayangkan film-film Indonesia lawas. Mulai dari angkatan Chitra Dewi sampai Herman Felani. Saya yang masih SD waktu itu sering ikut nonton. Biasanya sih film-filmnya Ateng, Kadir Doyok , Warkop DKI , film horror seperti Mak Lampir, filmnya Rhoma Irama  atau film-film laga seperti Saur Sepuh, Jaka Sembung atau Si Pitung. Orang tua saya menganggap film-film itu cukup aman dikonsumsi. Memasuki usia puber (sssaaahhhh….) orang tua saya gak terlalu ambil pusing waktu saya nonton Catatan Si Boy. Sekali waktu saya juga sering curi-curi kesempatan. Nonton film bertitel 13 tahun keatas yang bintang-bintangya Roy Marten atau Eva Arnaz.

Nah, film-film itu sampai sekarang sangat sangat membekas. Terutama satu ungkapan yang sering kali saya temui. Adegannya selalu si Bung yang tokoh jagoan (kalau di film laga), Rhoma (di film-film Rhoma Irama), Dono, Kasino atau Indro (di film-film Warkop DKI) dan mas Boy lagi nongkrong di bar. Remang-remang. Musik yang diputar sebangsanya Bee Gees beserta mbak-mbak kaku dan mas-mas wagu yang jadi figuran. Si Bung yang jomblo (karena sering digambarkan ga ada pasangannya) didekati oleh seorang cewek. Tanpa banyak umbar bahasa tubuh yang menggoda. Si cewek berkata dengan pelan tapi lugas, “Bung terlihat lelah…”

Ini, ini, inilah dia kalimat godaan nan elegan,menawan klasik,epik,dan artistik. Kenapa? Pertama karena memakai Bung sebagai sapaan. Bung adalah sapaan yang sangat-sangat menjunjung tinggi kedudukan kaum lelaki sejati. Bung juga sangat Indonesia. Kalau Bung diganti, maka hilang sudah segala eleganitas. Karena Mas terlalu primordial dan Bro…oooohhh, nanti dulu lah kalau itu.

Lalu terlihat lelah. Duuuuh ini dia nih godaan paling nakal dan binal. Seakan-akan cuma tanya kondisi badan tapi kelanjutannya ya…tau sendiri lah kan udah gede juga. Pokoknya bung terlihat lelah itu layak dipertimbangkan jadi quote terbaik film Indonesia sepanjang masa.

Dan hanya Eva Arnaz dan Chintami Atmanegara yang boleh menggoda bung semua.

Bung terlihat lelah…

Foto dari http://srimulatism.com/?page_id=127

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *