Cinta, Cita, Harapan….

Saya tak henti-hentinya bersyukur besar di era 90-an. Era dimana sesuatu terlihat keren, setidaknya untuk ukuran sekarang. Era yang kata managernya Nirvana (sori saya lupa) adalah era terbaik dan era setelahnya hanyalah sebuah pengulangan. Dalam ranah industri musik Indonesia, era ini adalah saat dimana lagu “bagus” bisa bersinergi dengan fulus.

Saat Rolling Stone Indonesia mengeluarkan daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa tahun 2010 lalu , geng 90 menyumbangan nama yang tidak sedikit. Nama-nama seperti Kidnap Katrina, Singiku, Sinikini, Netral, Flowers atau Pure Saturday ada dalam list.

Dan inilah salah satu favorit saya, Jingga. Duo yang membuat saya rela diledek habis-habisan oleh kawan saya gara-gara ingatan saya yang sedikit pikun soal one hit wonder duo ini. Jingga adalah proyek musikal Terry dan Fe. Konsep minimalis ini kemudian dituangkan dalam sebuah lagu manis berjudul Tentang Aku.

Hal yang paling saya suka adalah suasana yang terbangun ketika mendengarkan lagu ini. Begitu tenang dan syahdu. Hanya sound keyboard dan drum machine ditingkahi vokal Fe yang “lempeng”. Sayatan gitar Eet Syaharanie kemudian memberi tenaga yang “nampol” di lagu yang memberi asupan energi bagi jiwa-jiwa yang “lelah”… Lagu ini sebetulnya juga pernah dibuat cover versionnya. Pertama adalah Andien yang memberi warna jazzy di album Kinanti (2002). Saya tak begitu suka karena terlalu “ramai”. Beruntung Ape on The Roof kemudian memolesnya kembali dengan apik.

Mungkin hanya jiwa yang tak terjaga jua

Dalam doa

Hingga khilaf menyentuh terasa bergetar

Ku berlalu

Saat terasa waktu tlah hilang

Ku terdiam

Saat hanya gundah yang bertentangan

Ku bernyanyi

Cinta, cita, harapan

Dan ku terbawa dalam kisah yang lama

Cinta, cita, harapan

Dan ku terbawa dalam kisah lama

Amarah yang tak terucapkan jiwa Tak terungkap

Walau diri tlah terbelenggu hasrat Yang bernyanyi

3 Comments

  1. meetatami Reply

    “Cinta..cita…harapan…dan ku terbawa dalam kisah yang lama..”
    Cuma tau satu lagu itu dan cuma apal lirik bagian itu…tp racun parah ni lagu…sampe skrg masih inget aja suara si mbaknya..
    ANGKER!!!

  2. pawiro kinanti Reply

    settuju ….. sekarang nih saya lagi nyari cd-nya untuk album ini, kira kira ada yang jual gak ya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *