Ter-Cokelat

Ibarat cokelat (dalam pengertian asli sebagai makanan), album ini adalah dark chocolate. Berwarna hitam kelam dan sedikit pahit. Ini yang terasa di Untuk Bintang, debut album milik Cokelat rilisan tahun 2000. Album dimana Cokelat benar-benar “liar” khas  embel-embel band indie, sebagaimana judul album kompilasi monumental Indie Ten yang juga membukakan jalan bagi Padi, Caffeine, Wong, dan Fable ke industri musik.

Sebelum akhirnya menemukan pondasi musik, dan memutuskan “tunduk” pada keputusan Jan Djuhana Artist & Repertoire Sony Music Indonesia di album Rasa Baru yang dirilis setahun berikutnya.

Lagu yang digadang menjadi hit single adalah Pergi serta Bintang Jatuh. Bintang Jatuh sendiri menjadi soundtrack untuk film berjudul sama garapan Rudi Soedjarwo yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Marcella Zalianty.

Tapi justru lagu Sial yang mencuri perhatian saya. Lagu yang paling, sebetulnya saya malas sekali mengucapkan kata ini…ng-indie. Lagu paling “ajaib” diantara lagu-lagu “ajaib” seperti Kumbang dan Bukan yang Dulu

Liriknya sangat natural. Mungkin kelugasan lirik ala Sheila On 7 saja masih kalah. Tentunya bukan tipikal lirik blakblakan ala musisi jaman sekarang yang jatuhnya justru menjadi sangat picisan. Momen-momen sial, yang sebetulnya terdengar remeh, kemudian disajikan dengan manis lewat aransemen musik yang legit. Nih ah simak sendiri liriknya.

Kuambil gitar mainkan lagu…
Lagu terbaru tentang diriku…
Suara gitarku sumbang…
Ternyata senarnya kurang…

Kunonton tv nongkrong di kursi…
Sambil nikmati sepotong roti
Rasanya aneh sekali…
Ternyata rotinya basi..

Mengapa terasa hari ini…
Begitu banyak aku
Alami…
Sial….sial….

Bel pintu bunyi nyaring sekali…
Langsung kulari cepat sekali…
Tapi ku tak hati-hati…
Dan ku menabrak lemari…

Mengapa terasa hari ini…
Begitu banyak aku alami…
Sial….sial….

Mengapa terasa hari ini…
Begitu banyak aku alami…
Sial….sial….

23/5/2012 14:46

3 Comments

  1. diandianep Reply

    mas aku baca tulisan2 kamu, kok kamu bisa sih konsisten nulis tentang musik terus? -.-” minder banget tulisan ku random haha. km nulis tentang makanan kek mas sekali2 😀

  2. Ilham Sobat Padi Reply

    Mas, saya butuh ulasan 10 atau 20 besar, band pop/pop rock indonesia terbaik versi sampeyan.
    Pasti seru mas !!! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *