Muntilan Punya Suara

Masa SMA saya yang dihabiskan di sebuah kota kecil bernama Muntilan tidak menghalangi saya untuk mengakses perkembangan terbaru di dunia musik Indonesia. Ehmm…maksud saya musik pop mainstream Indonesia.

Meskipun kota kecil, Muntilan mempunyai dua toko kaset yang cukup update koleksinya. Sekali lagi koleksi pop mainstream. Itu belum termasuk lapak CD mp3 bajakan di pasar dan terminal serta jasa pengisian mp3 ilegal di counter pulsa telepon seluler.

Dua toko kaset tadi, semuanya bernama toko Jago, semuanya nebeng  di toko emas dan arloji.  Dua minggu lalu saya sempat lewat didepannya. Toko tersebut masih ada dua-duanya meski koleksi kasetnya, catat sekali lagi koleksi kaset, tak sebanyak dan selengkap dulu.

Ada kios majalah yang menyediakan sumber informasi lengkap, terutama untuk majalah-majalah terbitan Gramedia seperti Hai. Ya saya menjadikan Hai sebagai referensi musik bagus, selain Kompas dan Suara Merdeka edisi Minggu. Kekurangannya cuma satu, warung internet saat itu sangat langka. Kalaupun ada kecepatannya bagai siput sedang encok. Seringkali saya harus ke Magelang bahkan sekali waktu ke Yogyakarta yang cuma setengah jam naik sepeda motor.

Untuk gelaran musik (diluar dangdut yang punya kerajaan sendiri), Muntilan cukup rajin. Ada agenda tahunan pentas band-band lokal, biasanya setiap menjelang 17an dan ulang tahun Polisi . Mayoritas kalo gak membawakan lagu-lagu Top 40 ya classic rock. Tempatnya di halaman kantor kecamatan Muntilan. Pun meski ini hiburan gratisan dan bau alkohol sedikit banyak bertebaran, tapi tak ada yang berani cari keributan. Maklum di komplek kantor kecamatan ini juga ada kantor polisi dan Koramil. Jadi ya silahkan pikir dua kali kalau mau cari gara-gara.

Kalau untuk pentas band-band besar, sepanjang saya di Muntilan (tahun 2002-2010) baru dua kali. Yakni Letto, pentas gratis dalam rangka milad pesantren pimpinan Mbah Mad Watu Congol serta Cokelat. Kalau yang terakhir ini berbayar. Mungkin karena letaknya nyelempit diantara Yogya dan Magelang, band-band nasional lebih suka menggelar pentas di Magelang.

Untuk tempat konser sendiri, sebetulnya Muntilan punya tempat-tempat yang cukup representatif untuk menggelar konser musik luar ruang. Selain kantor kecamatan, juga ada Lapangan milik Pemda Kabupaten Magelang serta lapangan milik pemerintah desa yang cukup besar di desa Gunung Pring dan desa Taman Agung.

Wilayah sekitar Muntilan juga cukup rajin membuat pentas musik, terutama kecamatan Mungkid yang jadi ibu kota Kabupaten Magelang. Yang paling sering adalah gig band-band punk dan metal. Nah festival tahunan band-band metal yang cukup prestisius adalah Borobudur Bising yang sudah menginjak tahun keempat. Tahun ini diselenggarakan pada Minggu, 27 Mei lalu di aula milik PDAM Kabupaten Magelang dengan menampilkan Siksa Kubur sebagai headliner utama. Seringai juga pernah tampil di lapangan Pemkab Magelang pada pergantian tahun 2008-2009.

Ah, saya jadi pengen nih ngajak temen-temen band independen main di kota-kota kecil seperti Muntilan. Musik bagus harus disebarkan, ya kan ya kan ya kan ?

6 Comments

  1. Rahma Annisa Reply

    Pentas band SMA di lapangan kecamatan dulu jadi ajang paling bergengsi bagi cah band di Muntilan. Dulu setiap kali mau manggung di acara “band-band-an” di Muntilan pasti latihannya sampe antri2 dan rebutan booking di studio Pule, studio musik yang jarene mantanku paling mantep sak Muntilan :p (saiki masih eksis gak ya itu studio?)
    Lagu paporit yang paling sering dibawain di pentas2 band SMA pas jamanku (2005-2007) dan selalu bikin cewek-cewek yang nonton teriak2 adalah Pas Band- Jengah dan Bondan ft Fade to Black – Bunga. Seru kali ya kalo SMA di kota kecil macam Muntilan wis mulai ngundang band indie untuk manggung di pensi SMA, lha pas jamanku pensi bintang tamunya AURA BAND gek kui wis paling ngetop -__-

  2. Fakhri Zakaria Reply

    Kurang akses wae sih Muntilan ki. Jal junior-juniromu di Ponggol itu dikasih tips cari sponsor gede, undang band gede, kasih tiket masuk. Mosok pentas seni isine mung guru-guru ro murid podo lungguh ning aula. Kuwi pensi po supitan :))

  3. Radian-bengkulu Reply

    Mhn bantuanya tmn2 muntilan-salam.aku lg cari tmn ku dl di salam,bagi yg kenal cewek nama :ANA(UNAH),RONDIYATI domisili di ngluwar salam harap hubungi aku di 087801613599.ada hal penting yg pengen aku sampaikan pd mreka. Aku khilangan kontak 4thn yg lalu. Please bantuanya. Radian-bengkulu

  4. chandra Reply

    sekarang muntilan sudah jauh lebih berkembang mas, ada 2 studio musik baru yang kualitasnya tidak kalah dari kualitas studio musik di jogja maupun magelang, salah satunya @bugs_studio, event musik juga udah hampir setiap bulan ada, dan sekarang genre yang sedang in adalah hardcore dan metal. sekali-kali main dan liput kehidupan musik muntilan mas.. 😀

      1. chandra Reply

        banyak band2 metal dan hardcore yang bagus dari muntilan mas diantaranya pesakitan, silent scream, sick project, enormous, scramble attack, tapal kuda..,kapan rencana mudik mas? main2 ke @bugs_studio biasanya anak2 pada ngumpul disana..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *