Panen Raya Padi

Biasanya band baru yang mereguk sukses di album pertama akan mengalami kutukan “sindrom album kedua”. Tapi Padi adalah beberapa yang dikecualikan.

Jika sebelumnya Fadli, Piyu, Ari, Rindra dan Yoyo menyemaikan benih-benih unggul di album Lain Dunia, maka Sesuatu Yang Tertunda adalah hasil panennya. Semua yang mereka coba tanamkan di album debut, mendapat hasil berkualitas tinggi.

Di album rilisan tahun 2001 ini, padi memupuk dan menyiram benih-benih musik mereka lewat eksplorasi musik yang luas.  Single Sesuatu Yang Indah langsung menyalak  setelah sebelumnya publik dibuat jatuh cinta dengan sound-sound easy listening di album pertama. Mereka sedikit singgah di laman jazz juga menyelipkan unsur gitar flamenco dalam Angkuh.

Yang paling kentara adalah saat menggamit harpanis Maya Hassan Kasih Tak Sampai. Vokal malas khas Padi ditingkahi denting harpa dan sound gitar yang keluar sedikit-sedikit dengan bubuhan paduan suara membuat lagu ini jadi salah satu lagu patah hati paling kejam.

Pun mereka tidak melupakan akar musik yang sudah dibangun lewat Semua Tak Sama. Kemana Angin Berhembus serta nomor balada mahacantik berjudul Perjalanan Ini. Lagu terakhir adalah track yang selalu saya putar setiap saya melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman di Muntilan.

Buat saya, klimaks dari pupuk bernama eksplorasi musikal yang tak melupakan akar musik tadi adalah Lingkaran. Siapapun yang mendengar pasti langsung dibuat terkesima dengan solo gitar Ari yang menjadi intro lagu ciptaan Piyu ini.  Jika saya boleh memilih, Lingkaran dan Mahadewi adalah intro paling indah dari semua lagu yang mereka miliki. Semuanya lahir dari tangan Ari. Kredit khusus untuk Ari yang jarang terekspos di panggung.

Satu lagi, di album ini mereka memulai kebiasaan menggunakan nama album sebelumnya sebagai salah satu judul lagu. Betul. Lain Dunia. Di album berikut, Save My Soul, ada lagu berjudul Sesuatu Yang Tertunda yang dibawakan duet dengan Iwan Fals.  Sedangkan di album selftitled yang disebut-sebut sebagai kelahiran kembali Padi dari “kegelapan” di album sebelumnya, ada lagu berjudul Save My Soul. Pengecualian di album terakhir yang bertajuk Tak Hanya Diam yang tak memajang lagu dengan judul dari album sebelumnya namun menjadikannya judul album sebelum Padi masuk masa tidur panjang.

Dari itu semua, jumlah penjualan album yang (katanya) mencapai 1,6 juta keping, ganjaran 10 kali platinum, juga pengisi daftar 150 Album Indonesia Terbaik dari majalah Rolling Stone Indonesia seperti sebuah bonus saja.

Sesuatu Yang Tertunda

Artist : Padi

Sony Music Indonesia (2001)

  1. Bayangkanlah
  2. Sesuatu Yang Indah
  3. Semua Tak Sama
  4. Kemana Angin Berhembus
  5. Lain Dunia
  6. Perjalanan Ini
  7. Seandainya Bisa Memilih
  8. Angkuh
  9. Lingkaran
  10. Kasih Tak Sampai

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *