5 Lagu Pertemanan Terbaik

Teman, katanya lebih baik daripada pacar. Hubungan pacaran bisa putus tapi hubungan pertemanan tetap abadi. Katanya sih, wong saya belum pernah putus dari pacar saya hehe. Yang jelas, hubungan pertemanan, sebagaimana hubungan percintaan, sering jadi inspirasi dalam lagu. Eh bentar, bukannya cinta berawal dari pertemanan dulu? Ya pokoknya begitu lah. Inilah dia 5 Lagu Pertemanan Terbaik versi saya pastinya

Kepompong (Sind3ntosca)

Kekuatan lagu ini adalah aransemen serta pemilihan lirik yang catchy untuk segala usia, tak terkecuali anak-anak. Lagu ini muncul tahun 2008, saat anak-anak tetangga saya keranjingan menyanyikan lagu-lagu dengan lirik seperti “Wo..o..kamu ketauan pacaran lagi” gara-gara ajang Idola Cilik yang waktu itu pesertanya menyanyikan lagu-lagu cinta. Setelah lagu ini muncul, mendadak anak-anak tetangga saya tadi selalu melafalkan “Persahabatan bagai kepompong” yang akhirnya jadi one hit wonder bagi Sind3ntosca, proyek dari seorang Jalu Hikmat Fitriadi.

Sebuah Kisah Klasik (Sheila On 7)

Salah satu masterpiece Sheila On 7. Mood lagu yang ada di album kedua mereka, Kisah Klasik Untuk Masa Depan ini unik. Cenderung gloomy di bagian awal, menggambarkan kehilangan momen-momen indah dalam pertemanan. Tapi kemudian naik menjelang bagian reffrain seolah memberi keyakinan bahwa pertemanan tak akan usang. Saya selalu kagum dengan frasa ciptaan Eross Chandra. Kisah klasik untuk masa depan. Klasik!

Belum Ada Judul (Iwan Fals)

Sebuah lagu dengan judul asal-asalan namun punya lirik dalam. Tiap mendengarkan lagu ini, saya selalu terbayang tentang dua orang karib dari rantau yang mengadu nasib di Jakarta dengan segala cerita manis dan  getirnya. Lagu yang ada dalam album Belum Ada Judul Ini sangat kuat meski Iwan hanya menyerahkan aransemen musiknya pada instrument gitar dan harmonika.

Buka (Pure Saturday)

Akan ada fase dimana hubungan pertemanan harus menentukan arah seiring umur juga orientasi hidup yang berubah. Lagu ini kemudian menjadi cermin diri lewat petikan lirik “hai kawan masihkah kita ada di jalan yang sama setelah sekian lama ? “. Lagu ini sendiri juga menjadi cermin bagi Pure Saturday saat mereka bangkit dari kondisi nyaris bubar karena ditinggal vokalisnya dan harus menentukan pilihan apakah tetap mengejar passion di musik atau harus menutup studio dan turun panggung demi periuk nasi. Jawabannya….bisa dilihat di artikel saya ini *promo*

Friends Will Be Friends (Queen)

Friends will be friends,
When you’re in need of love they give you care and attention,
Friends will be friends,
When you’re through with life and all hope is lost,
Hold out your hand cause  friends will be friends right till the end.

Kenapa mendadak saya inget waktu Boim dengan bloonnya terlalu semangat menggores lengannya sendiri sampai darah muncrat gara-gara mengikuti Lupus dan Gusur yang menorehkan pisau ke lengan sebagai tanda persahabatan.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *