Terserah Boy!

Atiek C.B bagi saya adalah salah satu dari sedikit solois wanita Indonesia yang punya “karakter”. Dua yang lain adalah Anggun dan Reza (sebelum “dirusak oleh Aa Gatot, shame on you Gatot!). Atiek C.B punya segalanya untuk jadi rockstar tanpa harus memakai atribut ini itu .

Suaranya serak dan mendesah, sexy tapi bukan bitchy. Soulful, iya itu, nge-soul!. Dan yang lebih nge-rock lagi, salah satu ampul albumnya (lupa album apa, tapi yang garap Dik Doank) ditarik dari peredaran karena ada gambar palu dan arit. Ya, jaman segitu.

Dan satu lagi. Kacamata. Bagi saya cewek berkacamata selalu punya daya tarik lebih, seperti Lisa Loeb dan istri saya hehe. Selera tante-tante? Terserah. Gak bisa move on dari musik 90an? Terserah! Pokoknya ini track kesukaan saya dari penyanyi asal Kediri itu. Terserah pokoknya! :

Terserah Boy

Sudah bisa ditebak lagu ini adalah soundtrack film Catatan Si Boy 3. Aransemen digarap Youngky Soewarno, sedang liriknya ditulis oleh Deddy Dhukun. Legenda urbannya, semuanya dilakukan lewat telepon. Youngky menyanyikan melodi lewat telpon dan Deddy langsung menulis liriknya , lalu diserahkan ke Atiek CB untuk dinyanyikan.

“Yang aku dengar sana sini kau punya janji…”. Seharusnya Maia Estianty bisa membuat lagu tentang playboy yang lebih sophisticated dari Lelaki Buaya Darat. Buset!

Terapung

Lagu ciptaan Thomas Ramdhan bassis GIGI ini adalah hits single untuk album yang berjudul sama. Atiek bernyanyi lirih di awal lalu pelan-pelan melengking, seolah menampilkan signature voice yang tiada duanya itu.

Sebelum “pelangi di matamu” populer karena Jamrud & SBY, Atiek C.B sudah menemukannya lebih dulu di Terapung. Lirik repetitif “ku aku aku akui” yang ada di akhir lagu membuat  “kamu kamu kamu dihatiku” milik Charli ST 12 atau Setia (ah apalah itu, gak penting juga) yang norak jadi semakin norak.

Ehm, Agnes Monica, juga para fans-nya mungkin bengong kalau tahu lagu juga album ini dapat pujian dari Alanis Morisette, Eddie dan Alex Van Hallen sampai Tre Cool dari Green Day. Errr, Keith Martin ? who is Keith Martin ?

Kau Dimana?

“Mungkin diriku bagimu tak ada artinya, tapi ku ingin sebaliknya…”

Ada ratapan lewat suara yang mendesah seperti diseret kesedihan. Tapi, oh tapi (malah nyanyi) lagu ini bukanlah ratapan perempuan yang ditinggal kekasihnya. Atiek memang sedih, tapi dia berusaha tetap tegar dan kuat lewat aransemen musik yang aduhai rock-nya dan sayatan gitar nan edan di interlude selewat reff.

Lagu ini pernah dibawakan ulang oleh Lea Simanjuntak dan Octa Tobing (itu yang bareng Eross Chandra nyanyi “Gie” dan “Cahaya Bulan” yang jadi OST. Gie).

Oh ya, ini tulisan pertama dalam program 31 Hari Menulis. Semoga kuat iman sampai hari ke-31.

14/5/2013 11:52

3 Comments

  1. Dimas Reply

    gue dulu suka banget lagu “Terapung”. sampe beli albumnya. satu album kan diproduseri Thomas. dan gara2 itu semakin ngefans sama Thomas. tapi bukan sama Atiek CB. haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *