Cara Cepat Menyelesaikan Sidang Skripsi

Sidang skripsi. Bayangan sidang yang selalu seram masih ditambah pula mimpi buruk skripsi. Sudah lebih dari cukup untuk segera mempercepat sidang skripsi. Di jurusan saya, waktu rata-rata untuk menjalani sidang skripsi adalah satu jam. Kalau lebih lambat dari itu, antara dosennya memang senang bertanya atau si mahasiswanya suka betul menjawab sembari memberikan dosen celah-celah pertanyaan baru. Betul-betul selo.

Berikut ini adalah sedikit trik-trik mempercepat durasi sidang skripsi. Disarikan dari sumber-sumber yang terpercaya.

Ingat ini sidang skripsi, bukan sidang SIM

Di sidang SIM kamu mungkin bisa lewat jalur “damai”. “Damai” buat petugas tentu, bukan buat dompetmu. Tapi di sidang skripsi, jangan pernah berpikir seperti itu, kecuali kalau kamu sudah punya proyeksi kerja yang jelas selepas lulus nanti: menjadi anggota DPR.

Kuasai penelitian dan sumber masalah

Ingat, skripsi adalah hak prerogative si penyusun. Dalam hal ini adalah mahasiswa, kecuali kalau skripsimu dibuatkan mas-mas biro jasa.  Meski ada dosen pembimbing, namun yang mengetahui obyek penelitian juga prosesnya adalah kamu. Salah satu hal yang sering ditanyakan dosen peenguji saat sidang  adalah seberapa penting skripsimu member sumbangsih ilmu pengetahuan.

Untuk poin ini kamu harus mengetahui betul hal yang menjadi latar belakang penelitian. Kamu pasti tahu, dosen  penguji tak akan begitu saja dengan mudah melepaskanmu dari  meja sidang. Kamu harus beri sebuah uppercut yang akan menggetarkan kemampuan akademis mereka. Jadi ketika dosen bertanya apa latar belakang masalah penelitian skripsimu? Jawab dengan penuh ketegasan, “Konspirasi zionis, majelis sidang skripsi yang terhormat”

Berikan solusi yang teruji

Penelitian seyogyanya memberikan sumbangsih bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Begitu juga dengan riset untuk skripsi. Walaupun penelitianmu dimaksudkan sebagai penelitian deskriptif, namun pastikan kamu punya solusi. Solusi ini tentunya akan kamu ketahui setelah kamu menyelesaikan fase pembahasan, fase krusial setelah bab pertama yang berisi pondasi penelitian.

Keblah-blohan atau keplanga-plongoanmu dalam memberikan solusi hanya membuat dosen penguji semakin tertawa gembira saat melingkari kalimat MENGULANG di berita acara sidang skripsimu. Hindari solusi klise seperti, ”sebaiknya bla…bla…bla… ” Gunakan cara efektif dan efisien, dan katanya sih sudah teruji sejak jaman baheula: Khilafah solusinya.

Demikian cara cepat menyelesaikan sidang skripsi. Ingat, yang saya tulis adalah cara cepat menyelesaikan sidang skripsi BUKAN cara lulus dari sidang skripsi. Kalau cara lulus sih, saya aja kudu revisi sebulan sebelum diluluskan :p

Salam olahraga

4 Comments

  1. Pingback: Dosen Pembimbing Skripsi Itu Seperti Gebetan. Kamu Bisa Meluluhkan Hatinya Lewat 6 Langkah Pendekatan - Avatar IT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *