Sheila Girl

Sejak MTV mengudara tahun 1981 silam, video klip jadi bagian tak terpisahkan dari upaya musisi mengenalkan musiknya ke publik. Industri musik Indonesia merespon era video klip dengan acara Video Musik Indonesia (VMI). VMI memiliki ajang Anugerah Video Musik Indonesia yang memberikan penghargaan untuk videoklip-videoklip Indonesia yang ditayangkan di acara. Anugerah VMI sendiri menurut saya sampai saat ini masih jadi model ideal acara awarding musik.

Sebagai generasi yang tumbuh besar dibawah asuhan MTV dan VMI, video klip adalah bagian dari konsumsi musik selain membeli album (fisik) dan majalah. Tak terkecuali Sheila On 7. Tekun mendengarkan album mereka sebanding dengan menonton video klipnya.

Inilah Sheila Girl, cewek-cewek model  video klip Sheila On 7 favorit saya.

Rianti Cartwright

Tidak ada catatan bagus saya untuk Rianti sejak kemunculannya sebagai VJ MTV. Video klip Bertahan Disana adalah satu-satunya nilai biru. Terima kasih untuk adegan mengambil jemuran yang membuat saya sadar kecantikan wanita salah satunya terlihat dari caranya mengambil cucian yang sudah kering.

Ananda Lontoh

Saya selalu suka dengan wanita yang cantik dan sedikit judes. Satu sisi, mereka seperti punya sistem pertahanan grendel yang ketat untuk tiap lelaki yang membangun serangan. Sisi yang lain, mereka selalu menantang untuk ditaklukkan. Ananda Lontoh adalah pendefinisian yang sempurna sejak scene pertama. Tepat saat dia merobek foto dan menunjuk-nunjuk Duta di video klip Seberapa Pantas”.

Luna Maya

Di video klip “Sahabat Sejati” sejatinya, ada Astrid Tiar juga Dewi Rezer. Seperti Charlie Angels. Tapi aksi Luna bergaya memainkan gitar listrik (Fender Stratocaster ?) membuat saya menjatuhkan pilihan pada Luna. Sayang waktu itu saya belum cukup jeli menikmati kemolekan tubuhnya saat ia memamerkan otot bisepnya. Maklum, baru masuk usia puber.

Rachel Maryam

Saya ingat saat penasaran dengan model “Sephia” ini. Niat mencari tahu didukung semesta dengan kecengan yang berbaik hati meminjamkan majalah miliknya yang memuat profil Rachel Maryam. Tapi tentunya bukan itu alasan saya memasukkan nama Rachel di daftar ini.

“Sephia” adalah lagu yang kuat, dan Rachel berhasil menerjemahkan sosok Sephia. Mulai dari rindunya dia dengan si Aku. Anda harus lihat tatapan mata penuh harapnya di detik ke-7!. Lalu bagaimana ia melampiaskan kekecewaan dengan berbagai cara. Membanting perabotan dan klimaksnya melepas wig. Kekecewaan karena  Aku memilih untuk dilupakan agar Sephia kembali ke kekasih sejati yang tak kan pernah sanggup untuk meningalkanmu.

 Dian Sastrowardoyo

Aksi juling mata di “J.A.P” adalah cek kosong yang saya berikan pada Dian Sastrowardoyo untuk menempati urutan pertama Sheila Girl. Scene-scene  kemunculan Dian adalah drama happy ending untuk saya.

  1.  Siluet Dian memakai wearpack – mengenakan sarung tangan mengikat rambut : jantung saya berdetak lebih kencang dari biasanya;
  2. Dian senyum manja melihat montir-montir Sheila On 7 manggung diatas truk – Dian masih tersenyum manja – Dian masih tetap tersenyum manja : Saya ikut tersenyum manja;
  3. Dian melirik – Dian memainkan lidah-Dian melotot dan bergaya sok menantang: Saya belajar fokus, sesuatu yang selalu gagal saya lakukan saat di kelas dan meja belajar;
  4. Dian menyetir truk masuk bengkel : Saya bercita-cita jadi supir truk;
  5. Dian membenahi mesin truk yang rusak : Saya meminta kepada bapak saya untuk membiayai saya kuliah Teknik Mesin saat kelak saya jadi mahasiswa (saat itu saya baru lulus SD)
  6. Dian melirik personil Sheila On 7 – bergaya panik – mengatupkan tangan ke pipi: Saya sedikit normal kembali
  7. Dian menggigit jari : Saya ikutan gigit jari ;
  8. Dian mengendarai truk – turun di truk dengan melepas wearpack separuh lalu diikat – gantian nyopir truk dengan Duta: Saya berpikir Duta mbati;
  9. Dian gemas sambil menjambak rambut lalu kembali bergaya sok galak: Saya pengen Dian menjambak rambut saya;
  10. Polisi menilang truk Dian: Saya mengenal konsep A.C.A.B;
  11. Menit 4:07 Dian menjulingkan mata, cek kosong saya berikan kepada Dian

Oh ya, saya belum berkomentar tentang Dian di “Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki” ? Saya serahkan ke Budi Warsito saja.

 

10 Comments

  1. enolaism Reply

    Dari dulu saya penggemar sejati model wanita di perhatikan, rani……terbaik!!

    hehehe, salam kenal masnyah……..

      1. Enolaism Reply

        Sama, belum nemu namanya juga 🙁 , mungkin suatu saat kalo kebetulan ketemu sama personelnya bisa ditanya…..masih penasaran soalnya

  2. Fikreatif Reply

    hahaha. Dian Sastro sepertinya pilihan saya mas. Dg mata julingnya.

    Perlu ada reuni para sheila girl kah yg dipertemukan dlm satu video klip di Youtube?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *