Peluncuran Perpustakaan Digital dan Buku “LOKANANTA”

lanching-lokananta

Setelah melakukan peluncuran perdana perpustakaan digital koleksi arsip musik pada bulan Februari lalu, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Cabang Surakarta “Lokananta” akan meluncurkan secara resmi situs www.lokanantamusik.com dan buku “LOKANANTA” pada Sabtu (15/10) besok di kantor Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Cabang Surakarta “Lokananta”, Jl. Ahmad Yani 39, Kerten, Solo, Jawa Tengah.

Buku “LOKANANTA” merupakan kolaborasi tiga penulis: Dzulfikri Putra Malawi, Syaura Qotrunada, dan saya sendiri. Secara garis besar buku ini mengulas kiprah Lokananta dalam lima tahun terakhir serta upaya berbagai pihak untuk merevitalisasi label rekaman dan studio pemerintah yang berdiri sejak tahun 1956 ini dalam perkembangan industri musik nasional.

Secara pribadi, buku ini adalah pelunasan utang budi saya untuk Lokananta yang telah mewujudkan mimpi besar saya saat mulai menekuni penulisan bidang musik: menulis untuk majalah Rolling Stone Indonesia.

Mungkin buku ini belum memberi gambaran utuh mengenai Lokananta. Namun secara pribadi saya berharap kehadirannya dapat memicu banyak pihak untuk mendokumentasikan jejak Lokananta sebagai salah satu titik penting di industri musik Indonesia.

Sedangkan perpustakaan digital Lokananta sampai saat ini telah mengunggah sebanyak 60 album rilisan Lokananta sejak tahun 1956. Beberapa diantaranya adalah Messege of H. E. President Soekarno on The Opening Ceremony of The First Asian-Africa Journalist’s Conference on April 24, 1963 dan lagu “Indonesia Raya” versi instrumental dengan sampul lirik tiga stanza.

Acara peluncuran dimeriahkan oleh penampilan dari beberapa band-band muda Solo dan Jogja seperti Merah Bercerita, Teori, Punctum Remotum, dan Sabar Bar. Selain itu juga akan ada penjualan untuk 50 eksemplar pertama buku “LOKANANTA” serta berbagai rilisan dan merchandise dari para penampil dan pihak-pihak yang telah banyak membantu keberlangsungan proyek ini.

Sampai jumpa

2 Comments

  1. Andreas Arianto Reply

    Selamat atas peluncuran bukunya Mas! Sayangnya website Lokananta itu ada domainnya tapi error 524.

    Kalau mau belu bukunya bisa pesan di mana ya Mas?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *